BLANTERORIONv101

Ini Dia Pengertian Makanan 4 Sehat 5 Sempurna dan Manfaatnya

28 September 2024
dokpedia - makanan 4 sehat 5 sempurna

Ini Dia Pengertian Makanan 4 Sehat 5 Sempurna dan Manfaatnya

Manusia merupakan salah satu makhluk hidup yang diciptakan dengan akal sehat yang lebih sempurna daripada makhluk hidup lainnya. Nah sebagai makhluk yang berakal, kita dianjurkan untuk bisa menjaga makanan yang kita konsumsi untuk menjaga kesehatan. Makanan sehat yang sering dianjurkan dalam dunia kesehatan adalah Makanan 4 sehat 5 sempurna.

Lalu apa yang dimaksud dengan Makanan 4 sehat 5 sempurna? Maksud 4 sehat 5 sempurna adalah menu makanan yang lengkap dan mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, mineral, lemak dan vitamin. Zat gizi tersebut bisa didapatkan melalui mengonsumsi makanan yang berbeda-beda.

Makanan 4 sehat 5 sempurna, terdiri dari 4 makanan yang terdapat beberapa jenis dan mengandung nutrisi tinggi. Adapun yang termasuk dalam 4 sehat meliputi makanan pokok, lauk pauk, sayur, dan buah-buahan. Sedangkan 5 sempurna adalah susu yang menjadi nutrisi tambahan.

Agar lebih paham mengenai Makanan 4 sehat 5 sempurna berikut adalah jenis-jenis makanan 4 sehat 5 sempurna yang dapat anda aplikasikan sebagai gaya hidup sehat.

1. Makanan Pokok

Makanan pokok yang disebut dalam Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang mengandung karbohidrat yang seimbang. Karena karbohidrat dapat dimanfaatkan oleh tubuh manusia sebagai sumber energi untuk melakukan aktivitas. Contoh sumber karbohidrat misalnya seperti nasi, kentang rebus, ubi rebus, dan lain sebagainya.

2. Lauk pauk

Lauk pauk merupakan salah satu bagian dari 4 sehat kampanye pemerintah, lauk pauk berfungsi sebagai penunjang nutrisi bagi tubuh misalnya seperti lauk pauk yang mengandung nutrisi protein tinggi. Protein diperlukan bagi tubuh untuk menghindari adanya gizi buruk karena kekurangan protein. Adapun jenis makanan protein misalnya seperti telur, ikan salmon, dan lain sebagainya

3. Sayuran

Tubuh tentunya membutuhkan nutrisi dari sayuran, itulah alasan mengapa sayuran masuk ke dalam rekomendasi Makanan 4 sehat 5 sempurna. Sayuran berperan dalam meningkatkan nutrisi pada tubuh misalnya mineral dan vitamin. Dengan rajin mengonsumsi sayuran Anda dapat menjaga tubuh agar selalu bugar dan sehat.

4. Buah

Buah juga menjadi rekomendasi sebagai Makanan 4 sehat 5 sempurna karena memiliki kandungan serat dan mineral pendukung sayur yang tinggi dan baik bagi perkembangan tubuh karena buah mengandung banyak antioksidan.

5. Susu

Susu adalah minuman yang mengandung kalsium dan protein, fosfor dan mineral penting lainnya. Dengan mengonsumsi susu secara rutin dapat menjaga tubuh tetap sehat. Itulah mengapa susu termasuk dalam Makanan 4 sehat 5 sempurna.

Menu 4 sehat 5 sempurna juga direkomendasikan bagi anda yang sedang menjalankan program diet sehat. Dengan melakukannya secara rutin dan dibarengi olahraga dan istirahat teratur maka program diet dapat berjalan dengan baik.