BLANTERORIONv101

Tips Menjaga Pola Makan Sehat Bergizi Seimbang!

1 Oktober 2024
dokpedia - pola makan sehat bergizi seimbang


Tips Menjaga Pola Makan Sehat Bergizi Seimbang!

Menjaga pola makan sehat bergizi dan seimbang memang sangat baik untuk kebaikan dan kesehatan tubuh. Adapun yang dianggap pola makan tersebut ialah mereka yang selalu menjaga kosumsi pangan yang mengandung kebutuhan gizi pokok pada tubuh. Penasaran bukan bagaimana sih menjaga pola makan baik tersebut? Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

1) Buat Catatan Makanan yang Dikonsumsi

Langkah awal yang perlu anda lakukan ketika ingin menerapkan pola makan sehat yaitu membuat catatan kecil mengenai makanan apa saja yang dikonsumsi. Berawal dari makanan tersebut, anda bisa membuat rencana pengaturan pola makan sesuai dengan tubuh secara ideal per harinya. Dengan begitu, anda tidak akan kebanyakan atau kekurangan kalori dan nutrisi.

2) Mengatur Jam Makan

Selanjutnya, atur jam makan setiap hari mulai dari sarapan, makan siang sampai makan malam, anda bisa mencoba menambahkan jadwal ngemil bila dirasa perlu. Fungsi utama mengatur jam makan untuk menghindari kelebihan konsumsi makanan di jam-jam rawan dengan begitu anda juga akan konsisten makan tepat waktu.

3) Konsumsi Makanan dengan Gizi Seimbang

Penerapan pola makan sehat bergizi dan seimbang bisa dilakukan dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Gizi seimbang yang dimaksud adalah asupan makanan sehari-hari disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Asupan makanan tersebut memiliki kualitas dan kuantitas yang cukup, dengan tujuan utama untuk menjaga kesehatan tubuh dan membantu pertumbuhan serta tubuh tetap prima setiap harinya.

Adapun pedoman gizi seimbang meliputi:

a) Konsumsi aneka ragam makanan

Anda dianjurkan mengonsumsi makanan secara rutin setiap harinya, untuk itu konsumsilah makanan dengan kandungan status gizi seimbang seperti protein, serat, lemak, kalsium, zinc, kalium, magnesium dan vitamin.

b) Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat

Dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat makan dapat mencegah tubuh dari berbagai macam penyakit. Mulailah mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan, mencuci bersih alat-alat makan dan menjaga kebersihan makanan yang dikonsumsi.

c) Beraktivitas fisik secara rutin

Jangan lupa berolahraga secara rutin, anda bisa melakukan aktivitas fisik 3 kali dalam seminggu selama 30 menit. Tidak perlu olahraga yang berat, anda bisa memulainya dengan jalan kaki atau lari.

d) Pertahankan berat badan ideal

Penerapan pola gizi seimbang dapat ditandai dengan idealnya berat badan. Berat badan ideal juga memiliki kecenderungan fisik yang lebih sehat dan bugar lho.

4) Konsumsi Air Putih

Terakhir, konsumsi air putih minimal 2 liter atau 8 gelas sehari sehingga tubuh dapat terhidrasi secara baik. Selain itu, air putih juga mampu menstabilkan nafsu makan agar tetap terkontrol.

Demikianlah tips pola makan sehat bergizi dan seimbang. Yuk mulai sekarang terapkan pola makan dan diet sehat. Sayangi tubuh anda sekarang juga sebagai bentuk investasi di masa tua. Selamat mencoba, semoga sehat selalu ya!